8 Cara melancarkan BAB tanpa harus ke Dokter dulu

cara melancarkan bab

Cara Melancarkan BAB tanpa ke dokter

Anda kerap kali mengalami sembelit? Bisa jadi kebiasaan menahan mulas menjadi penyebabnya. Kurang konsumsi makanan berserat juga menyebabkan sembelit. Cara melancarkan BAB tidak melulu soal konsumsi makanannya. Namun juga harus terbiasa menjaga pola hidup sehat.

Susah BAB patut diwaspadai. Apabila sudah terlalu kronis, dikhawatirkan bisa menyebabkan kanker usus. Sembelit juga bisa jadi salah satu penciri kondisi penyakit tertentu.

Seperti ambeien dan diabetes yang biasanya dicirikan dengan susah BAB. Apabila anda ingin mengatasi sembelit mengganggu, berikut adalah caranya.

Cara Melancarkan BAB dengan Ikuti Kebiasaan Ini

  1. Hindari Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan duduk terlalu lama bisa jadi menyamarkan mulas. Pekerja kantoran terbiasa duduk terlalu lama. Perjalanan jauh juga sering mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama.

Kurangi risiko terkena sembelit dengan berdiri beberapa kali saat duduk lama. Lakukan gerakan ringan untuk merilekskan tubuh.

  1. Jangan Menahan Mulas

Menahan mulas bisa menyebabkan menumpuknya sisa pencernaan di usus. Apabila menjadi kebiasaan, bisa menyebabkan susah BAB. Baiknya BAB rutin setiap harinya. Misal saat pagi hari, sebelum berkegiatan, lakukan BAB terlebih dahulu.

Oleh sebab itu jangan menahan BAB saat mulas. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan sembelit.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga mampu merangsang kinerja otot yang ada dalam usus. Hal tersebut menjadikan BAB lancar. Contoh olahraga yang bisa diterapkan adalah kardio.

Kardio mampu merangsang saraf dan otot untuk bekerja efektif. Selain itu, bisa juga melakukan yoga dan latihan otot dasar panggul.

Menu Wajib untuk Melancarkan BAB dan Pantangannya

  1. Air Putih

Banyak minum air putih merupakan kebutuhan dasar manusia. Selain untuk mendehidrasi tubuh, minum air putih merupakan cara melancarkan BAB. Tubuh yang cukup terdehidrasi, akan memperlunak tinja. Sehingga tidak perlu mengejan berlebihan saat BAB.

  1. Makanan Berserat

Serat yang mampu menyerap air akan mempermudah tinja untuk keluar. Oleh sebab itu rutin mengkonsumsi serat agar terhindar dari sembelit. Kebutuhan serat untuk wanita kurang lebih 25 gram perhari. Sedangkan pada pria sebanyak 38 gram. Akan berbeda untuk usia 50 tahun ke atas. Bagi wanita sebesar 21 gram. Sedangkan pria 30 gram perhari.

Serat umumnya didapat dari berbagai buah dan sayur. Misalnya saja pepaya, bayam, brokoli, dan wortel. Namun makanan lain seperti kacang-kacangan juga memiliki serat tinggi.

Popcorn, roti gandum, dan sereal dengan serat tinggi, juga bisa membantu memenuhi kebutuhan serat.

  1. Batasi Makanan Kaya Gluten

Makanan bebas glutenGluten banyak terkandung dalam makanan berbahan tepung terigu dan gandum. Gluten sendiri merupakan protein. Terlalu banyak konsumsi gluten dapat menyebabkan susah BAB.

Apabila sudah kronis bisa menyebabkan gangguan autoimun. Gangguan tersebut adalah saat gluten sulit dicerna dan berefek merusak usus.

  1. Batasi Konsumsi Daging Merah

Contoh daging merah adalah daging sapi, kambing, domba, dan kuda. Apabila terlalu banyak mengkonsumsinya, kemungkinan susah BAB semakin besar. Kandungan seratnya yang rendahdan kandungan lemaknya tinggi, merupakan penyebab gangguan pencernaan.

Apabila mengkonsumsi terlalu banyak, daging merah banyak memenuhi kebutuhan asupan per hari. Sedangkan kebutuhan serat belum terpenuhi.

Saat itulah anda akan susah BAB. Daging putih, telur, dan tahu bisa menjadi pilihan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan protein.

  1. Batasi Konsumsi Kafein Per Hari

Kandungan kafein dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Apabila sudah seperti itu, maka dapat menyebabkan sembelit. Boleh mengkonsumsinya, tetapi jangan berlebihan.

Bagaimana apabila sudah terbiasa meminum teh dan kopi? Cara melancarkan BAB sehari-harinya adalah dengan imbangi minum banyak air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp