5 Cara mengurangi Nafsu Makan. Sehat + tidak repot

mengurangi nafsu makan

Ini dia 5 Kebiasaan & Menu Makanan yang Ampuh mengurangi nafsu Makan

Nafsu makan yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Menonton acara makan seperti mukbang bisa menyebabkan nafsu makan tidak terkontrol. Ujung-ujungnya berat badan nambah. Akhirnya harus mengkonsumsi obat pelangsing badan lagi. Sungguh merepotkan.

Lantas apa saja kebiasaan yang ampuh sebagai cara mengurangi nafsu makan? Apakah terdapat makanan yang bisa mengurangi nafsu makan?

5 Cara Mengurangi Nafsu Makan

#1. Tidak Perlu Melewatkan Jadwal Makan

Saat diet, kerap kali anda melewatkan sarapan atau makan malam. Hal itu justru menimbulkan pikiran untuk selalu makan. Saat itulah diet cepat gagal. Anda sebenarnya tidak perlu melewatkan jadwal makan.

Sarapan justru penting untuk mengawali hari. Sedangkan untuk makan malam jangan lakukan di atas jam 7 malam. Lebih baik mengurangi porsi makan dibandingkan melewatkannya.

#2. Olahraga atau Manfaatkan Kegiatan Sehari-hari

Olahraga meningkatkan produksi hormon peptide YY. Hormon ini dapat mengurangi keinginan untuk makan. Selain itu, berolahraga tentu juga membantu pembakaran kalori.

Kardio adalah olahraga yang cocok untuk mempercepat pembakaran kalori. Apabila tidak ada waktu berolahraga, jalan atau naik turun tangga bisa menjadi alternatif.

#3. Hindari Makan sambil beraktivitas

Menonton makanan atau orang makan bisa memunculkan rasa lapar. Padahal saat itu perut anda belum lapar. Sebaiknya hindari makan sambil menonton film, atau program tv memasak dan makan. Makan dengan tenang dan kunyahlah perlahan. Hal itu bisa membantu mengontrol nafsu makan anda.

Makan dengan tenang, berlahan dan tidak sambil beraktifitas, bermanfaat untuk mengontrol nafsu mkan anda.

#4. Jangan Terlalu Banyak Pikiran

Saat terlalu banyak pikiran, bisa menimbulkan stres. Stres ini bisa meningkatkan nafsu makan anda. Stres bisa menimbulkan false hunger. Perasaan tersebut adalah nafsu makan yang muncul, padahal perut belum merasa lapar.

Selain stres, rasa bosan dan emosi berlebihan juga menimbulkan nafsu makan tinggi.

#5. Minum Air Putih

Air putih penting untuk mendehidrasi dan memperlancar pencernaan tubuh. Minum air putih juga merupakan cara mengurangi nafsu makan. Minumlah satu hingga dua gelas air putih sebelum makan. Cara tersebut bisa membantu anda merasa kenyang. Sehingga porsi makan bisa berkurang.

5 Menu Makanan untuk Mengurangi Nafsu Makan

#1. Alpukat

Alpukat mengandung zat antioksidan yang membantu mengurangi rasa lapar. Hal tersebut karena zat itu membantu mengurangi asam pencernaan.

Alpukat juga mengandung asam oleat yang membantu mengurangi rasa lapar. Lemak monosaturated yang terkandung dalam alpukat juga baik untuk program menurunkan berat badan.

#2. Yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt membantu menetralkan asam perut. Sehingga rasa lapar pun akan berkurang. Produk olahan susu ini juga membantu pencernaan makanan. Anda bisa menjadikan yoghurt sebagai camilan.

Pilihlah yoghurt plain atau yang mengandung potongan buah dibanding yang rendah lemak. karena yoghurt rendah lemak dikhawatirkan mengandung gula lebih tinggi.

#3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin ini mampu menetralisir asam lambung. Sehingga mengontrol nafsu makan. Minyak zaitun ini bisa anda konsumsi satu sendok makan setiap harinya. Bisa juga dijadikan campuran dalam salad sayur dalam menu diet.

#4. Popcorn

Popcorn tinggi serat, sehingga bisa mengurangi nafsu makan. Anda bisa menjadikan popcorn sebagai camilan diantara makan utama. Sebaiknya buat popcorn anda sendiri.

Sehingga bisa mengontrol gula dan garamnya. Anda juga bisa menambahkan bubuk kayu manis untuk menambah rasa.

#5. Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu juga kaya akan serat. Oatmeal ini baik dijadikan menu makanan sebagai cara mengurangi nafsu makan. Anda bisa menambahkan buah segar atau kering dalam oatmeal anda. Anda bisa menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp