Menu Diet Golongan darah AB. Pantangan dan Anjuran

Diet Golongan darah AB

Program Diet Golongan Darah AB

Banyak metode diet yang digunakan untuk menurunkan berat badan, atau untuk membentuk tubuh sesuai keinginan. Salah satunya adalah metode diet berdasarkan golongan darah. Diet ini menganjurkan menu makanan dan olahraga yang tepat sesuai dengan masing-masing golongan darah.

Apabila anda memiliki golongan darah AB, berikut adalah menu makanan dan jenis olahraga yang dianjurkan bagi anda yang ingin mencoba diet golongan darah AB.

Menu Diet untuk Golongan Darah AB

Pencetus diet golongan darah, Dr. Peter J. D. Adamo menyebutkan bahwa pemilik golongan darah AB dibandingkan dengan golongan lain memiliki sistem pencernaan yang lebih buruk.

Selain itu kondisi asam lambungnya juga dinilai rendah. Beberapa menu yang disarankan adalah berbagai makanan laut, sayuran dengan warna hijau,

  1. Pilih makanan laut, hindari daging

Berhubungan dengan asam lambung yang rendah, berbagai jenis daging seperti daging ayam, sapi, maupun babi, sebaiknya dihindari. Jenis daging tersebut dikhawatirkan susah untuk dicerna sehingga metabolisme terganggu.

Sebaliknya, daging yang dianjurkan adalah daging kelinci, kalkun, atau domba. Olahan makanan dari laut, misal berbagai jenis ikan laut dianjurkan sebagai menu bagi anda yang bergolongan darah AB.

  1. Pilihan Buah

Anggur merupakan buah yang disarankan karena efek alkali yang diperoleh setelah tercerna. Buah lain yang disarankan untuk golongan darah AB adalah kiwi, nanas, semangka, cranberry, plum, dan lemon.

Namun perlu diingat kondisi asam lambung yang rendah, sebaiknya hindari jeruk yang dikhawatirkan lebih berisiko mengiritasi lambung. Buah mangga, pisang, jambu, kelapa, dan belimbing juga tidak disarankan untuk pemilik golongan darah AB.

  1. Pilihan Sayuran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilik golongan darah AB baik menkonsumsi sayuran berwarna hijau. Bayam, selada, atau sayuran hijau lain baik sebagai menu diet golongan darah AB.

Namun tetap saja terdapat sayur yang sebaiknya dihindari, antara lain adalah jamur, lobak, paprika, serta jagung.

  1. Pilihan Minyak

Minyak yang sebaiknya dihindari adalah minyak wijen, kelapa, serta minyak biji matahari. Sedangkan minyak yang dianjurkan adalah minyak walnut dan zaitun. Anda bisa menjadikan minyak zaitun untuk dikonsumsi setiap hari.

Campurkan minyak zaitun anda dengan salad sayuran hijau. Menu tersebut disarankan untuk dikonsumsi apabila anda pemilik golongan darah AB.

Pantangan Makanan untuk Diet Golongan Darah AB

Berbagai daging yang sulit dicerna seperti ayam dan sapi, beberapa buah dan sayur bisa merupakan menu yang tidak dianjurkan apabila anda pemilik golongan darah AB.

Selain itu juga masih ada beberapa menu yang sebaiknya dihindari, berhubungan dengan kondisi tubuh. Berikut adalah menu yang sebaiknya dihindari.

  1. Susu dan Olahannya

Golongan darah AB mudah terkena sinus dan masalah pernapasan, berhubungan dengan adanya kelebihan lendir. Oleh sebab itu susu maupun olahannya, misal keju dan butter disarankan untuk dihindari.

Es krim serta telur bebek juga tidak dianjurkan. Namun susu kambing dan olahannya bisa menjadi alternatif untuk anda yang menjalani diet golongan darah AB.

  1. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti hazelnut sebaiknya dihindari. Selain itu tidak disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji labu.

Namun kacang tanah, kedelai, serta walnut bisa dikonsumsi oleh pemilik golongan darah AB.

Jenis Olahraga yang Disarankan

Pemilik golongan darah AB kemungkinan memiliki pribadi yang ramah, berempati, serta religius. Anda bisa mencoba olahraga berupa aerobik, taichi, tenis, lari, maupun bersepeda.

Sebagai relaksasi, yoga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang melakukan diet golongan darah AB. Karena keunikan golongan darah AB sendiri, sebenarnya hampir semua jenis olahraga akan baik untuk mendukung program dietnya.

Untuk sahabat yang memiliki golongan darah selain AB, silahkan lihat disini : Diet Golongan darah A, Diet Golongan darah B dan diet golongan darah O.

Sebelum memulai program diet golongan darah ini, perlu bagi anda untuk mengetahui riwayat penyakit dan keluhan lainnya. Karena, pada kondisi tertentu makanan dan cara diet golongan darah tidak cocok untuk penderita penyakit tertentu.

Kami sangat menyarankan anda untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan Dokter sebelum memulai program diet golongan darah ini. Semoga bermanfaat.

Chat via Whatsapp