Penyebab gangguan sistem pencernaan & cara mengatasinya

Gangguan sistem pencernaan

Gangguan Sistem Pencernaan

Gangguan pencernaan tidak hanya menyerang lambung. Namun juga menyerang mulut, kerongkongan, usus, hingga anus. Apabila terkena gangguan tersebut anda tidak boleh menyepelekan. Karena bisa menyebabkan masalah lebih kronis. Penyebab gangguan sistem pencernaan sendiri ada beragam.

Gangguan pencernaan bisa menyerang semua orang, khususnya yang tidak menjalani hidup sehat. Kerap terjadi pada orang dewasa karena kurang waktu merawat diri.

Kenali penyebabnya, agar anda juga bisa mengatasinya. Berikut adalah beberapa penyebab serta bagaimana cara mengatasi gangguan pencernaan.

Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan Yang Paling Umum

  1. Makanan dalam Porsi Besar

Apabila anda makan terlalu banyak, justru bisa meningkatkan asam lambung. Saat terlalu banyak makanan masuk, akan diproduksi lebih banyak asam lambung. Saat menumpuk, kerongkongan pun dapat teriritasi.

Sehingga aturlah porsi makan anda, jangan berlebihan.

  1. Stres

Lambung dan usus memiliki saraf yang terhubung ke otak. Saat banyak pikiran, aliran darah ke sistem pencernaan akan tertutup. Saat itu kontraksi organ pencernaan terganggu.

Baca juga : Sembeli dan obatnya

Selain itu sekresi enzim di pencernaan juga berkurang. Stres dapat menyebabkan kerongkongan tegang, asam lambung naik, hingga parahnya terjadi iritasi usus besar.

  1. Makanan Asam dan Pedas

Kadar asam tinggi merupakan penyebab gangguan keseimbangan pH dalam perut. Sedangkan makanan pedas merupakan penyebab menumpuknya asam, sehingga asam lambung baik.

Makanan asam dan pedas ini merupakan penyebab umum gangguan sistem pencernaan.

  1. Makanan Tinggi Lemak

Lemak, apalagi lemak jenuh, susah untuk dicerna. Sehingga lama untuk dicerna. Saat itulah produksi asam lambung akan banyak. Apabila ditambah pori makanan yang banyak, makanan akan naik ke kerongkongan.

Hal tersebut bisa menyebabkan maag. Oleh sebab itu kurangi konsumsi makanan tinggi lemak seperti gorengan.

  1. Rokok

Dampak buruk rokok dapat menyerang banyak bagian tubuh. Rokok juga merupakan salah satu penyebab gangguan sistem pencernaan. Rokok mampu menyebabkan gangguan asam lambung.

Karena asam lambung naik ke esofagus. Rokok juga menyebabkan luka pada usus kecil dan lambung.

Pengobatan Mudah untuk Mengatasi dan Mencegah Gangguan Pencernaan

  1. Hindari Berbaring Sehabis Makan

Agar makanan turun ke bawah secara normal, jangan berbaring setelah makan. Apabila berbaring setelah makan, dapat menyebabkan asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

Sering berbaring setelah makanan juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

  1. Teh Jahe

Teh jahe dapat membantu produksi air liur. Sehingga membantu pergerakan makanan menuju dalam saluran pencernaan. Olahan jahe ini juga bisa mengatasi mual.

Kandungan fenolik didalamnya bisa membantu menyembuhkan iritasi saluran pencernaan.

  1. Obat untuk Gangguan Pencernaan

Atasi gangguan pencernaan juga bisa dengan obat. Baik dengan obat yang dibeli di apotek, atau sesuai resep dokter. Anda bisa mencoba antasid. Antasid sendiri mengandung soda kue, atau sodium bikarbonat.

Dimana saat larut bisa menetralkan asam lambung. Sehingga pencernaan kembali normal.

  1. Porsi Makan dan Hindari Alkohol

Seperti yang sudah dijelaskan, makan banyak, serta makanan tertentu merupakan penyebab gangguan pencernaan. Oleh sebab jangan makan terlalu banyak dalam satu waktu.

Hindari terlalu banyak konsumsi makanan pedas, asam, dan berlemak. Hindari pula alkohol karena bisa menyebabkan asam lambung meningkat.

  1. Kurangi Stres dan Kecemasan

Seperti yang sudah disebutkan, penyebab gangguan sistem pencernaan adalah stres. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menghindari stres. Caranya sederhananya adalah selalu berpikir positif, dan lakukan kegiatan menyenangkan untuk sembuhkan penat.

Luangkan waktu untuk berlibur. Apabila tidak memiliki waktu, dengan yoga juga bisa menjadi pilihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp