Sembelit. Gejala, penyebab dan obatnya

Sembelit

Gejala Sembelit. Penyebab dan Obatnya

Sembelit terjadi saat pergerakan usus menurun, sehingga sulit saat akan buang air besar. Namun kondisi sulit BAB ini terjadi dalam jangka waktu lama. Apabila anda BAB kurang dari 3 kali selama seminggu, bisa jadi anda terkena sembelit atau konstipasi. Selain itu, apa lagi gejala sembelit?

Saat sembelit, tinja anda akan dalam kondisi kering dan keras. Perut pun akan terasa sakit dan terasa penuh. Dalam waktu satu minggu, anda buang air besar kurang dari 3 kali.

Bahkan anda saat BAB akan keluar darah, atau setelahnya. Itulah beberapa gejala sembelit. Penyebab dan obatnya berikut ini yang perlu anda ketahui.

Apa Saja Penyebab Sembelit

  1. Kurang Minum

Kurang minum, utamanya air putih bisa menyebabkan kekurangan cairan pada tubuh. Selain dehidrasi, bisa menyebabkan tinja mengeras. Saat itu tinja akan susah dikeluarkan. Oleh sebab itu selalu dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih.

  1. Stres Berkepanjangan

Stres dan gangguan pencernaan bisa memengaruhi kesehatan pencernaan. Saraf di usus besar akan terpengaruh saat stres. Saat itu kontraksi di perut pun berkurang.

Keinginan untuk BAB juga berkurang, sehingga sisa makanan akan menumpuk. Apabila berkepanjangan, akan menyebabkan sembelit.

  1. Kurang Olahraga

Olahraga rutin memang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satunya adalah kesehatan pencernaan. Olahraga dapat memicu otot-otot dalam sistem pencernaan, untuk mendorong makanan. Lakukan olahraga ringan di sela-sela kesibukan anda.

  1. Konsumsi daging merah berlebih

Daging merah, seperti daging sapi, kambing dan domba dapat menyebabkan konstipasi. Karena kandungan seratnya yang rendah, sedangkan lemak tinggi, membuat pencernaan lambat. Apabila menumpuk, anda akan sulit buang air besar.

  1. Gangguan Tiroid

Tiroid membantu beberapa proses dalam tubuh, salah satunya pencernaan. Apabila anda mengalami sembelit dalam waktu yang lama, lebih baik periksakan ke dokter. Dikhawatirkan terjadi gangguan pada kelenjar tiroid anda. Sehingga kerja usus anda terganggu.

  1. Kehamilan

Sembelit juga terjadi saat wanita hamil. Bahkan hingga setelah persalinan juga masih mengalami sembelit. Penyebab dan obatnya karena otot perut yang melemah, gejalanya bisa diatasi sesuai saran dokter atau bidan.  Penyebab lainnya juga bisa diakibatkan oleh efek obat pereda nyeri pasca persalinan.

Baca juga : Alternatif Jamu pelangsing yang perlu anda coba

Obat untuk Atasi Sembelit

  1. Serat Probiotik

Serat penting untuk kelancaran sistem pencernaan anda. Khususnya serat prebiotik yang susah dicerna. Serat ini akan di simpan dalam usus, yang kemudian membantu melancarkan pencernaan.

Serat prebiotik ini terkandung salam kacang-kacangan, bawang, pisang, dan beberapa buah dan sayuran lain.

  1. Kafein

Kafein mampu merangsang otot yang ada dalam sistem pencernaan. Oleh sebab keinginan untuk BAB akan muncul, sehingga dapat membantu melancarkan BAB anda. Cobalah minum teh atau kopi saat anda kesulitan buang air besar.

  1. Jeruk

Seperti yang sudah diketahui, jeruk mengandung banyak vitamin C. Namun tidak hanya itu, jeruk juga mengandung narngenin. Kandungan tersebut memiliki fungsi yang hampir sama dengan obat pencahar. Kandungan tersebut bisa ditemukan di serat putih yang terdapat di sekitar buahnya.

  1. Roti Gandum

Selain baik untuk anda yang diet, fungsi lain dari roti gandum adalah meredakan gejala sembelit. Hal tersebut karena roti dari gandum masih mengandung bakteri yang baik untuk pencernaan.

Cobalah mengkonsumsi roti gandum dibandingkan dengan roti dari tepung, saat anda mengalami sembelit.

Tidak menerapkan pola hidup sehat, bisa menyebabkan sembelit. Penyebab dan obatnya pun bisa beragam. Bisa akibat pilihan makanan, atau kurangnya olahraga. Oleh sebab itu selalu jaga tubuh, dengan makan, olahraga, lakukan kegiatan positif, dan istirahat yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat via Whatsapp